Mencari Pengalaman Baru dengan Berlibur ke Destinasi Wisata Candi Borobudur

Mencari Pengalaman Baru dengan Berlibur ke Destinasi Wisata Candi Borobudur

Sudah sejak dulu destinasi wisata Candi Borobudur menjadi salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi ketika kamu berkunjung ke kota Magelang. Bahkan, destinasi wisata yang satu ini juga sering dikunjungi oleh siswa-siswa yang sedang melakukan kegiatan study tour.

Saat ini, pemerintah Indonesia berupaya dengan keras untuk mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia, dan salah satunya adalah di kawasan Candi Borobudur. Program ini diberi nama Borobudur Trail of Civilization.

Destinasi Wisata Candi Borobudur yang Termasuk dalam Destinasi Super Prioritas (DSP)

Candi Borobudur termasuk dalam program yang sedang dijalankan oleh Menparekraf, yaitu pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di kawasan Destinasi Super Prioritas (DSP).

Dengan dibentuknya program ini, pemerintah berharga Borobudur dapat diarahkan menjadi destinasi yang berkualitas dan berkelanjutan.

Selain itu, melalui program Destinasi Super Prioritas (DSP) ini juga, diharapkan pengembangannya akan tetap memperhatikan dan menjaga keutuhan serta kelestarian dari Candi Borobudur itu sendiri. Sebab, Candi Borobudur adalah peninggalan bersejarah bangsa Indonesia, yang sangat berharga.

Pengembangan kebijakan dari Candi Borobudur ini, membuat keutuhan dan kelestariannya semakin diperhatikan, sehingga mampu memperkuat nilai budaya dan sejarah dari objek wisata satu ini.

Bahkan, pemerintah juga memastikan bahwa desa-desa wisata yang ada di sekitar wilayahnya juga bisa ikut meningkat, sehingga kesejahteraan masyarakatnya pun dapat terus berkembang dan meningkat.

Pola Perjalanan dalam Program Borobudur Trail of Civilization

Sejak sebelum program ini dikembangkan, suasana Candi Borobudur selalu ramai dengan pengunjung. Sebab, banyak orang yang ingin tahun dengan keindahan candi ini. Bahkan ada juga beberapa orang yang mempertanyakan kapan Candi Borobudur dibangun. Jawaban untuk hal itu adalah 750 masehi.

Untuk semakin meningkatkan perkembangan pariwisata di objek wisata Candi Borobudur Magelang, pemerintah akhirnya menyarankan 5 pola perjalanan yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan ketika berkunjung kemari, yaitu:

  • Ancient Kingdom Trail

Pola perjalanan pertama yang ada dalam program ini adalah Ancient Kingdom Trail. Kegiatan ini memiliki tujuannya sendiri, yaitu untuk meningkatkan kualitas pengalaman berwisata dengan memprioritaskan unsur edukasi, entertainment, dan semakin dilengkapi dengan storytelling yang sangat bermanfaat.

Untuk aktivitas yang termasuk dalam pola Ancient Kingdom Trail sendiri adalah menggunakan transportasi VW safari yang membuatmu bisa mendapatkan pengalaman baru yang menyenangkan.

Pola perjalanan yang satu ini bisa dipilih oleh para keluarga yang sedang berlibur bersama anak-anaknya, atau bisa juga dipilih oleh para wisatawan yang memang menyukai dunia safari seperti ini.

  • Joglosemar Historic Trail

Keindahan objek wisata satu ini tidak bisa dilihat hanya dari gambar Candi Borobudur yang ada di internet saja, tapi kamu wajib mengunjunginya sendiri, supaya kamu bisa mengetahui betapa indahnya objek wisata yang sangat membanggakan negara Indonesia ini.

Melanjutkan pola perjalanan Ancient Kingdom Trail, pola perjalanan Joglosemar Historic Trail juga diciptakan dengan harapan para wisatawan yang mengunjungi tempat ini bisa mendapatkan pengalaman baru yang sulit untuk dilupakan.

Dalam hal ini, kegiatan-kegiatan seperti bercocok tanam, membajak sawah, dan lain sebagainya bisa kamu rasakan dengan didukung pemandangan Candi Borobudur yang sangat menenangkan.

  • Buddhist Pilgrimage

Dalam program yang dibentuk oleh Kemenparekraf ini, juga dikatakan bahwa Candi Borobudur merupakan salah satu Buddhist pilgrimage yang biasa dikunjungi oleh para pemeluk agama Buddha untuk berlibur.

Sama halnya dengan kegiatan-kegiatan yang meliputi program Borobudur Trail of Civilization ini, dalam pola perjalanan ini juga akan meliputi kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan menambah pengalaman baru.

Sebut saja seperti bercocok tanam, membajak sawah, belajar bermain gamelan, menambah wawasan tentang astronomi walking with star, hingga kegiatan-kegiatan yang beredukasi lainnya bisa kamu rasakan dengan mengikuti pola perjalanan yang diberikan oleh pemerintah ini.

  • Edu Trail

Sesuai dengan namanya, dalam pola perjalanan yang satu ini kamu akan disuguhkan dengan pengalaman yang sangat mengedukasi.

Jadi, jika kamu berlibur dengan tujuan bukan hanya untuk bersenang-senang saja, tapi juga untuk mencari ilmu dan pengalaman yang baru, maka kamu bisa berkunjung ke Candi Borobudur.

Dari mulai kegiatan seperti belajar bermain gamelan, mengunjungi sentra produksi gerabah untuk melihat secara langsung prosesnya, belajar membuat gerabah, menambah wawasan terkait astronomi walking with star, hingga melakukan yoga yang sangat baik untuk tubuh, akan tersedia dalam program ini.

  • The Classical Indonesia Batik Route

Kota Magelang memang khas dengan batik buatannya. Maka dari itu, salah satu oleh-oleh khas daerah ini adalah produk batik yang memiliki keindahan khas Indonesia.

Dalam program ini, nanti kamu juga bisa melihat sendiri proses pembuatan batik yang memiliki keindahan khas Indonesia, sehingga liburanmu tidak hanya membuatmu senang, tapi juga bisa membuatmu mendapatkan pengalaman baru yang sangat mengedukasi.

Selain beberapa kegiatan di atas, kegiatan-kegiatan lain seperti naik delman dan menginap di penginapan yang dikelola oleh Balai Ekonomi Desa juga bisa kamu lakukan dengan mengikuti pola perjalanan dalam program ini.

Tentu saja dengan mengikuti pola perjalanan di atas, kamu bisa mendapatkan pengalaman baru yang tak terlupakan dari kegiatan liburan yang menyenangkan tersebut.

Tiket masuk wisata Candi Borobudur adalah Rp. 50.000,00 untuk pengunjung dewasa, dan Rp. 25.000,00 untuk anak berusia 3-10 tahun. Wisata Candi Borobudur merupakan kebanggaan warga Indonesia, sehingga kamu wajib berkunjung kemari paling tidak sekali dalam seumur hidupmu.

Wisata Candi Borobudur adalah candi peninggalan umat Buddha yang paling terbesar di dunia. Jadi, tidak mengherankan jika begitu banyak orang, bahkan tidak hanya datang dari dalam negeri saja.