Cara Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup di Sekitar Rumah dengan Menanam Tanaman

Cara Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup di Sekitar Rumah dengan Menanam Tanaman

Menjaga lingkungan tidak harus selalu dengan sebuah projek besar yang melibatkan orang banyak tetapi bisa mulai dari rumah. Salah satu cara menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar rumah adalah dengan melakukan penanaman tanaman baik sayur atau pohon. Berikut ini beberapa langkah dalam melakukan home gardening atau menanam tanaman di rumah.

1. Ketahui Iklim Lingkungan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memahami iklim yang ada, dimana di Indonesia iklimnya yaitu tropis dengan sinar matahari panjang. Memastikan musim apa yang tengah berlangsung akan membantu pemilihan tanaman yang tepat di waktu yang tepat. Misalnya saja, cukup buruk untuk memilih menanam tomat ketika musim hujan karena buah mudah busuk.

2. Pilih Tempat Ideal

Memilih tempat yang ideal untuk penanaman ini penting untuk dilakukan karena tanaman akan memerlukan cahaya matahari untuk tumbuh. Beberapa tempat yang bisa dipakai untuk berkebun yaitu di rooftop, bagian kosong di samping atau belakang rumah, dan tembok rumah. Tempat ini menentukan juga nantinya peralatan apa yang perlu disiapkan untuk mulai menanam.

3. Beli Perlengkapan Dasar

Dalam penanaman tanaman, ada beberapa perlengkapan dasar yang perlu disiapkan dan yang paling utama adalah sarung tangan serta sekop. Sekop diperlukan untuk menggali tanah dan membuat lubang untuk tanaman sedangkan sarung tangan penting untuk menjaga tangan. Jika hendak menanam dalam pot maka cukup beli pisau saja untuk membantu pekerjaan.

4. Cek Kandungan Tanah

Tanah di sebuah perumahan biasanya bersifat keras dan tingkat kesuburannya rendah sehingga perlu dicek terlebih dulu. Pengecekan ini penting sebagai cara menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar rumah agar bisa diketahui bagaimana langkah untuk mengembalikan kesuburannya. Ini juga penting untuk mengetahui tekstur tanah agar tau cara memperbaikinya.

5. Membuat Alas Sendiri

Ketika tanah di sekitar rumah dirasa kurang cocok untuk tanaman maka langkah selanjutnya adalah dengan membuat garden bed. Ini merupakan istilah untuk sebuah lapisan lahan baru yang dibuat dengan tujuan memberikan kondisi tanah sesuai kebutuhan tanaman. Pembuatan garden bed juga bisa membantu berkembangnya organisme baik bagi tanah.

6. Tanam Benih atau Bibit

Setelah kondisi lahan ideal untuk penanaman maka langkah selanjutnya adalah menanam bibit atau benih yang ingin ditanam. Perhatikan kedalaman bibit, sebaiknya letakkan bibit di kedalaman 5-10 cm untuk tanaman sayur agar pertumbuhan akar sempurna.

7. Perawatan

Langkah terakhir dalam penanaman tanaman di rumah adalah melakukan perawatan agar tanaman tumbuh optimal. Perawatan paling dasar adalah pemberian air pada pagi atau sore hari supaya tanaman tidak kekeringan lalu mati. Pemberian pupuk juga bisa dilakukan tetapi sebaiknya hanya gunakan pupuk organik agar tidak berdampak buruk pada lingkungan.

Itulah dia cara menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar rumah dengan mulai melakukan penanaman tanaman tertentu. Anda bisa menanam tanaman hortikultura, pangan, hias, hingga pepohonan tergantung pada luasan lahan kosong di sekitar rumah.