Ciri Anak Menderita Kekurangan Gizi

5 Ciri Anak Menderita Kekurangan Gizi

Setiap orang tua bertanggung jawab terhadap kecukupan gizi anak mereka. Memenuhi gizi anak lewat makanan bergizi dan pemberian susu dapat membantu anak tumbuh dengan optimal. Susu formula Nutrilon Royal dapat menjadi pilihan terbaik untuk mencukupi gizi si kecil berkat kandungannya yang lengkap.

Anak Kurang Gizi

Orang tua juga seharusnya terus memantau kondisi pertumbuhan buah hatinya. Perlu diperhatikan apakah si kecil tumbuh dengan baik atau tidak. Jika ada tanda-tanda yang mengarah pada kekurangan gizi tubuh anak maka juga harus diperhatikan. Berikut adalah 5 ciri buah hati menderita kekurangan gizi:

1.     Lemas saat Beraktivitas

Jika tubuh si kecil mendapat asupan gizi yang lengkap dan mencukupi maka ia akan memiliki cukup energi untuk beraktivitas. Saat Anda melihat si kecil selalu lemas bahkan tak bersemangat saat bermain maka bisa dicurigai status gizinya buruk. Cobalah memberikan makanan bergizi seimbang dan susu yang tepat agar energinya kembali penuh untuk beraktivitas.

2.     Tidak Bisa Fokus

Anak yang kekurangan asupan gizi juga biasanya akan sulit untuk berkonsentrasi. Mereka sulit fokus saat mengerjakan suatu hal. Kondisi ini tentu tidak bagus bagi perkembangan otak si kecil. Anak harus bisa berkonsentrasi untuk menyerap pengetahuan yang ia temui saat bermain maupun belajar. Oleh karena itu mencukupi kebutuhan gizi anak sangatlah penting agar ia bisa tumbuh cerdas.

3.     Grafik Pertumbuhan Menurun

Salah satu cara untuk melihat status gizi anak adalah dengan melihat grafik pertumbuhannya. Timbang bobot tubuh kemudian ukur tinggi badan anak lalu masukkan ke grafik. Jika grafik pertumbuhan melandai atau menurun maka perlu dicurigai anak kekurangan gizi. Anda bisa memberikan susu formula Nutrilon Royal sebagai salah satu usaha untuk memperbaiki arah grafik tersebut.

4.     Kulit dan Rambut Kering

Ciri lain yang menunjukkan bahwa tubuh anak kekurangan gizi adalah kondisi kulit dan rambutnya berubah kering. Asupan gizi yang tidak mencukupi juga bisa menyebabkan kulit dan rambut kekurangan nutrisi. Akibatnya kulit jadi kering dan mudah iritasi. Sementara itu rambut juga bisa jadi lebih kering dan akan sangat rapuh atau mudah patah.

5.     Mudah Sakit

Anak yang tidak mendapatkan asupan gizi memadai juga pasti akan mudah sakit. Sistem kekebalan tubuhnya lemah dan tidak bisa bertahan melawan berbagai serangan penyakit. Pantau saja apakah si kecil begitu mudah sakit dalam kurun waktu singkat atau tidak. Jika iya, maka orang tua wajib waspada dan mencoba memberikan asupan gizi terbaik.

Itulah 5 ciri yang menunjukkan tubuh anak kekurangan gizi. Segera berikan makanan dengan gizi lengkap serta susu formula berkualitas. Anda bisa berbelanja produk susu formula terbaik di toko yang jual perlengkapan bayi. Pembelian produk susu juga dapat dilakukan secara online dengan beragam jenis penawaran diskon menarik.