5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Agar Anak Tertarik dan Lahap

5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Agar Anak Tertarik dan Lahap

Punya si kecil yang susah makan? Yuk segera diatasi agar tidak terus-terusan. Jika anak sekali-dua kali susah makan, mungkin masih bisa ditoleransi. Tapi jika hal tersebut terjadi dalam jangka waktu lama, akan berbahaya bagi kesehatan anak. Oleh karena itu, orang tua harus segera melakukan berbagai cara mengatasi anak susah makan.

Ada beberapa penyebab si kecil susah makan antara lain: pemilih atau hanya menyukai makanan tertentu saja, lebih suka jajan, belum bisa makan sendiri, tubuh tidak sehat, dan faktor lainnya. Nah, agar si kecil mau makan, berikut cara mengatasinya:

  1. Berikan Makanan dengan Tampilan yang Menarik

Sebelum memperhatikan rasa, anak akan merasa tertarik saat melihat bentuk makanannya. Terkadang ia merasa bosan saat melihat tampilan makanan yang monoton dan kurang menarik.

Maka dari itu, Anda bisa menariknya dengan menyuguhkan makanan yang berwarna-warni. Anda juga bisa menariknya dengan membuatkan makanan-makanan yang ditata  lucu dengan kartun atau karakter kesukaan si kecil.

  1. Buat si Kecil Fokus Terhadap Sesuatu

Jika si kecil masih menolak saat melihat makanan, Anda bisa mengabaikannya dengan mengalihkan perhatiannya. Misal, Anda bisa mengajaknya makan sambil bermain, menonton TV, mengajaknya makan bersama, atau melakukan “lomba makan” agar si kecil semakin semangat.

Dengan begitu anak tidak akan memikirkan “aku tidak mau makan” karena fokus anak hanya pada hal lain.

  1. Berikan Makanan Sedikit demi Sedikit

Cara mengatasi anak susah makan selanjutnya yakni dengan memberikan makanan dengan porsi sedikit tapi sering. Saat melihat makanan dalam porsi besar, anak akan berfikir “sulit menghabiskannya”.

Sedangkan pada makanan dengan porsi kecil, anak akan berfikir “ini sedikit dan mudah”, jadi anak akan merasa mampu dan tidak keberatan makan. Jangan lupa tawarkan juga jika makanan sudah habis, karena saat merasa enak dan menarik tentu anak tidak akan menolaknya.

  1. Batasi Konsumsi Minumannya

Banyak minum memang akan membuat anak sehat, selama minuman tersebut minuman sehat. Akan tetapi jika anak terlalu banyak minum, nafsu makannya akan berkurang. Jikapun anak tersebut mau makan, ia tidak bisa menghabiskan banyak makanan lagi karena sudah merasa kenya dengan minuman.

Maka dari itu, orang tua harus mengontrol jumlah minuman yang dikonsumsi. Usahakan tidak terlalu banyak minum sebelum makan, atau jangan terlalu banyak minum susu formula.

  1. Berikan Reward

Jangan dimarahi atau diancam saat anak susah makan. Jika anak sudah mau mendengarkan, berikan edukasi tentang bahayanya jika tidak makan.

Cara lainnya yaitu dengan memberikan reward, misal jika anak mau menghabiskan makanan maka akan diperbolehkan nonton tv satu jam atau berikan pujian pada si kecil jika bisa menghabiskan makanannya.

Saat anak susah makan, disitulah kreatifitas orang tua diuji untuk melakukan cara mengatasi anak susah makan. Lakukanlah cara yang menurut orang tua dan si kecil nyaman dan aman. Selamat mencoba!